14 Stadion Indonesia Berstandar FIFA, 4 Dipakai Piala Dunia U-17!
Stadion Indonesia Berstandar FIFA

14 Stadion Indonesia Berstandar FIFA, 4 Dipakai Piala Dunia U-17!

- Winda Paramita

 

Mulai dari Stadion Gelora Bung Karno yang ikonik di jantung kota Jakarta hingga Stadion I Wayan Dipta yang indah di Bali, terdapat puluhan stadion di Indonesia yang digunakan untuk acara olahraga, pertemuan budaya, dan hiburan. 

Setiap stadion memiliki kisah uniknya sendiri, yang berkontribusi terhadap kekayaan warisan olahraga Indonesia dan menumbuhkan rasa kebanggaan nasional yang mendalam di antara para penggemar yang antusias dan setia.

Tidak hanya unik, megah, dan indah, sebuah stadion tentu harus tetap fungsional dengan tetap mengikuti standar yang ditetapkan oleh FIFA. Di blog ini, kita akan membahas 14 stadion berstandar FIFA di Indonesia. Psst! 4 diantara dipastikan jadi venue Piala Dunia U-17, lho.

14 Stadion Berstandar FIFA di Indonesia

14. Stadion Utama Palaran (Samarinda)

Stadion Palaran merupakan stadion yang terletak di Samarinda dan terletak di Kompleks Stadion Utama Kaltim. 

Kapasitas: 30.000 (seating)

Dibuka: 2008

13. Stadion Aji Imbut (Kutai Kartanegara)

Selain Stadion Palaran di Samarinda, Kalimantan Timur juga memiliki stadion lainnya, yaitu Stadion Aji Imbut. Stadion multifungsi ini terletak di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

12. Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang)

Stadion Gelora Sriwijaya, terletak di Palembang, Indonesia, adalah arena olahraga terkemuka dengan kapasitas tempat duduk sebanyak 23.000. Stadion Gelora Sriwijaya berdiri sebagai simbol keunggulan olahraga dan rumah bagi klub Sriwijaya FC di Sumatera Selatan.

Kapasitas: 23.000

Dibuka: 2004

11. Stadion Utama Riau (Pekanbaru, Riau)

Stadion Utama Riau adalah stadion yang terletak di Pekanbaru, Riau. Stadion ini merupakan stadion kebanggaan masyarakat setempat dan telah menjadi tempat Kualifikasi Kejuaraan U-22 AFC 2013.

Kapasitas: 44.000

Dibuka: 2012

 

Baca Juga: Cara Beli Tiket FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023

 

10. Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung)

Stadion Gelora Bandung Lautan Api merupakan sebuah stadion besar di  Kec. Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Stadion ini merupakan stadion untuk klub Persib Bandung yang bersaing di Liga 1–liga tertinggi di Indonesia.

Kapasitas: 38.000

Dibuka: 2013

9. Stadion Pakansari (Bogor)

Rumah dari klub Persikabo 1973, Stadion Pakansari merupakan stadion yang terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Stadion ini, adalah kompleks olahraga yang terkenal dengan fasilitasnya dan kapasitas tempat duduk lebih dari 30.000, menjadikannya tempat terkemuka untuk berbagai acara olahraga.

Kapasitas: 30.000

Dibuka: 2015

8. Stadion Maguwoharjo (Sleman, Yogyakarta)

Rumah dari klub PSS Sleman, Stadion Maguwoharjo adalah stadion yang terletak di Sleman, Yogyakarta. Dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 30.000, tempat ini berfungsi sebagai tuan rumah yang dinamis untuk berbagai acara olahraga, mulai dari pertandingan sepak bola hingga pertemuan budaya, menjadikannya pusat hiburan utama di wilayah tersebut.

Kapasitas: 31.700

Dibuka: 2007

7. Stadion Patriot (Bekasi)

Stadion Patriot, yang terletak di Bekasi, Indonesia, adalah fasilitas olahraga terkenal yang terkenal karena infrastruktur modernnya dan kapasitas tempat duduk lebih dari 30,000 penonton.

Kapasitas: 30.000

Dibuka: 1982

6. Stadion I Wayan Dipta (Gianyar, Bali)

Pecinta Liga 1 merapat, Stadion I Wayan Dipta merupakan stadion dari klub Bali United yang terkemuka! Stadion I Wayan Dipta terletak di terletak di Gianyar, Bali, Indonesia dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 25.000. 

Kapasitas: 18.000

Dibuka: 2003

 

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah, Ini Jenis-jenis Tiket FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023

 

5. Stadion Si Jalak Harupat (Bandung)

Stadion multifungsi satu ini terletak di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia.Stadion ini pernah digunakan untuk turnamen sepak bola putra di Asian Games 2018.

Tidak lama lagi, stadion ini juga akan menjadi salah satu stadion untuk Piala Dunia U-17 pada November 2023. 

Kapasitas: 27.000

Dibuka: 2005

4. Stadion Manahan (Solo/Surakarta)

Stadion Manahan adalah fasilitas olahraga terkenal yang terletak di Solo, Indonesia. Dengan kapasitas tempat duduk lebih dari 25.000, tempat ini merupakan pusat acara olahraga, khususnya pertandingan sepak bola, dan terkenal dengan suasananya yang semarak. 

Stadion Manahan akan digunakan untuk menjadi tuan rumah pertandingan timnas Indonesia pada babak penyisihan, dan akan terus digunakan hingga babak final.

Kapasitas: 31.700

Dibuka: 2007

 

3. Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya)

Stadion Gelora Bung Tomo adalah sebuah arena olahraga yang terletak di Surabaya, Indonesia. 

Dinamakan berdasarkan pahlawan nasional Bung Tomo, stadion ini terkenal dengan kapasitasnya yang mengesankan dan mampu menampung hingga 45.000 penonton. Stadion ini berdiri sebagai simbol kebanggaan olahraga Indonesia dan telah menjadi tuan rumah bagi banyak momen tak terlupakan dalam sejarah olahraga tanah air. Salah satu momen bersejarah lainnya akan datang pada 10 November 2023 ketika Gelora Bung Tomo menjadi salah satu stadion Piala Dunia U-17 2023.

Stadion ini akan menjadi salah satu dari empat stadion yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 di Indonesia, lho. 

Kapasitas: 45.000

Dibuka: 2010

2. Stadion Gelora Bung Karno

Siapa yang tidak tahu Stadion Gelora Bung Karno? Stadion kebanggan Indonesia ini terletak di kompleks olahraga Gelora Bung Karno dan biasa disebut sebagai Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Dinamai berdasarkan Presiden pertama Indonesia, Sukarno, stadion ini berdiri sebagai simbol kecintaan bangsa terhadap olahraga. Karena kapasitasnya yang besar, SUGBK telah menjadi tuan rumah berbagai kompetisi internasional dan non-olahraga lainnya.

Kapasitas: 77.000

Dibuka: 1962

1. Jakarta International Stadium

Salah satu stadion terbesar di Asia Tenggara! JIS menjadi stadion terbesar di Indonesia, stadion bola terbesar di Asia, dan salah satu stadion tertinggi di dunia. Menjadi rumah bagi klub sepak bola Persija, Jakarta International Stadium memiliki tribun tiga tingkat dengan total kapasitas 82.000 penonton. 

JIS juga menjadi salah satu stadion yang akan menyambut Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. 

Kapasitas: 82.000

Dibuka: 2022

- - -

Itu dia stadion di Indonesia yang sesuai dengan standar FIFA. Jangan lewatkan pertandingan kelas dunia dan perjuangan Timnas memperoleh Piala Dunia!. Beli tiketnya di sini dan dukung secara langsung negara jagoanmu!


Winda Paramita