image Penting! Daftar Perangkat Webinar Pendukung Agar Webinar Lancar

loket edu

Penting! Daftar Perangkat Webinar Pendukung Agar Webinar Lancar

12 Nov 2020 - Penulis Nabila

Lagi menyiapkan webinar? Webinar atau web seminar adalah seminar yang dilakukan secara online. Oleh karena itu, kamu harus menyiapkan beberapa perangkat webinar agar kualitas streaming bisa maksimal. 

Deretan perangkat ini adalah perangkat standar untuk meningkatkan kejernihan suara dan gambar agar webinar berjalan lancar. Berikut 6 perangkat webinar yang kamu butuhkan:

1. PC atau Laptop

PC atau laptop adalah perangkat webinar utama yang kamu butuhkan. Kelebihan menggunakan PC atau laptop adalah layar yang lebih lebar sehingga kamu lebih leluasa mengatur posisi ketika webinar berlangsung. PC atau laptop juga biasanya sudah dilengkapi dengan kamera dan speaker standar yang aman untuk dipakai ketika webinar.

2. Tripod 
Walaupun lebih disarankan untuk menggunakan PC atau laptop, penggunaan tripod bisa meningkatkan kenyamanan kamu ketika webinar menggunakan HP nih. Dengan menggunakan tripod, kamu bisa mengatur tinggi rendahnya sudut pandang kamera agar posisi ketika webinar bisa pas. Posisi HP jadi lebih stabil, nggak perlu lagi menumpuk barang untuk jadi sandaran HP. 

3. Headset atau headphone

Bukan cuma suara kamu yang penting untuk didengarkan peserta, kamu pun perlu mendengar jelas pertanyaan atau respon dari peserta. Saat ini banyak yang menggunakan headset wireless karena anti ribet kabel terlilit dan juga kualitasnya bagus. Namun, pastikan baterai headset wireless-mu penuh ya. Jangan sampai mati di tengah-tengah webinar.

              Baca juga: Tips jitu jadi pembicara online yang handal

4. Speaker dan microphone

Kejernihan suara jadi faktor penting ketika menjadi moderator ataupun pembicara webinar. Speaker dan microphone adalah perangkat webinar yang mendukung hal tersebut. Kedua perangkat ini adalah perangkat eksternal yang harus kamu koneksikan ke PC atau laptopmu. Meskipun harus mengeluarkan biaya tambahan, pengeluaran tersebut akan sepadan dengan kualitas yang kamu dapat. Terutama jika webinarnya berskala besar. 

5. Webcam

Webcam atau web camera biasanya sudah jadi bagian dari PC atau laptop. Namun, kamu juga bisa menambahkan webcam eksternal jika mau kualitas gambar yang lebih bagus. Semuanya tergantung dari jenis PC atau laptop yang kamu gunakan. Webcam jadi perangkat webinar yang penting, tanpa webcam, ekspresi kamu ketika berbicara nggak akan terlihat oleh peserta.

6. Ring light

Ring light cukup populer digunakan oleh para vlogger. Namun, di masa yang serba online ini, ring light pun semakin populer untuk digunakan sehari-hari loh. Ring light penting untuk meningkatkan pencahayaan ketika webinar. Penampilan kamu di layar jadi lebih enak untuk dilihat peserta webinar karena pencahayaan yang lebih jelas. Cahaya di ring light juga umumnya beragam, jadi bisa dipilih warna cahaya apa yang paling pas untuk kulitmu.

                Baca juga: 5 cara efektif menjual webinar

6 perangkat webinar di atas memang mendukung kelancaran webinarmu. Namun, masih ada banyak faktor lain yang mendukung kelancaran webinar. Antara lain materi yang disampaikan, pembicara & moderator webinar, serta proses penjualan tiket webinar.

Untuk penjualan tiket webinar yang maksimal, kamu bisa jual lewat platform online seperti Loket.com. Cara jualnya gampang, metode pembayarannya pun beragam. Klik di sini untuk tahu cara jual tiket webinar di Loket.com!

Yuk, bikin webinarmu di Loket.com biar bisa #MeroketBarengLOKET!

webinar event online bikin event

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang