image Mengisi Waktu Liburan ke Pantai, Traveling Sambil Jadi Relawan!

loket wiki

Mengisi Waktu Liburan ke Pantai, Traveling Sambil Jadi Relawan!

10 Jul 2019 - Penulis Dila

Pernah dengar kalimat “so little time, so many things to do” nggak Event Creator? Nah, biasanya kalau sudah menghadapi kondisi kayak gini, jadi harus ada kegiatan yang dikorbankan nih. Padahal ada banyak ide di otak yang pengen dilakukan untuk mengisi waktu liburan. Jalan-jalan sama teman? Mau! Jadi relawan? Mau! Pergi ke tempat baru? Mau banget!

Tenang saja! Sekarang lagi banyak loh kegiatan bermanfaat saat liburan yang dikemas dalam voluntourism. Wah, apa tuh? Jadi voluntourism adalah kegiatan jalan-jalan sambil jadi relawan. Misalnya, kamu bisa mengisi waktu liburan ke pantai dengan mengadakan kegiatan sosial berupa penanaman terumbu karang. Selain itu, masih banyak juga ide-ide lainnya untuk mengisi waktu liburan dengan kegiatan a la voluntourism ini. Yuk, simak ide serunya!


Mengisi waktu liburan ke pantai: penanaman terumbu karang

Coral, Cay, Aquarium, Sea, Reef, Water, Ocean, Anemone

Ada fakta menarik nih Event Creator! Kamu tahu nggak kalau 10% terumbu karang dunia terletak di Indonesia, kalau dipetakan luas terumbu karangnya mencapai kurang lebih 25.000 kilometer persegi!

Terumbu karang memiliki peran yang cukup penting untuk ekosistem laut. Mulai dari tempat tinggal biota laut, pelindung pantai agar tidak abrasi, sampai mengurangi pemanasan global. Nah, untuk mengisi waktu liburan, kamu bisa bikin event voluntourism dengan tema penanaman terumbu karang. Jangan sampai kedatanganmu untuk berwisata, malah menambah kerusakan terumbu karang ya. Semangat, we can do more!


Mengisi waktu liburan ke pantai: pengolahan sampah plastik

Plastic Bottles, Fishing Net, Netting, Bottle, Beach

Siapa yang sedih kalau melihat pantai yang asri berubah jadi kotor karena ramai wisatawan? Daripada mengutuk keadaan, mending kamu jadi pelopor kegiatan bermanfaat saat liburan! Ketika bikin event liburan, selipkan pengolahan sampah plastik untuk mengisi waktu liburan.

Banyak loh pihak yang bisa kamu ajak kerja sama! Coba deh, ajak anak-anak yang tinggal di sekitar pantai untuk belajar membuat kreasi dari sampah plastik. Kegiatan bermanfaat saat liburan bukan cuma berhenti di kamu, tapi bisa menular ke orang-orang lainnya. #RayakanKebersamaan memang bisa dimana saja!


Mengisi waktu liburan ke pantai: pelatihan warga lokal

Image result for volunteer beach

Saat datang ke tempat baru, biasanya ada hal menarik yang berbeda dari tempat asalmu. Nah, coba kamu cari hal unik apa yang ada di destinasi wisatamu. Misalnya, area pantai Maluku yang kaya akan ikan tuna. Kamu bisa memberikan pelatihan mengolah ikan tuna ke warga lokal.

Untuk membuat pelatihan warga lokal, pastikan kamu menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh mereka ya. Jangan lupa untuk selalu terbuka dengan saran-saran dari warga lokal, karena merekalah yang paling paham daerah yang merupakan tempat tinggalnya.


Gimana? Kira-kira ada ide voluntourism apa lagi nih yang mau event creator kembangkan? Supaya liburan ke pantai dalam rangka voluntourism-nya bisa menjangkau banyak pengunjung, bikin saja event-nya di Loket.com. Data pengunjung yang tercatat bisa menjadi relasi yang baik untuk kamu membuat event-event voluntourism selanjutnya. Semakin banyak yang ikut, makin banyak manfaat yang bisa tersebar. Eksplor dirimu untuk #RayakanKebersamaan dengan berbagai teman baru!

liburan bikin event

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang