image Limitless Campus "Bikin Kelas Inspiratif Ramai Terus!"

loket inspire

Limitless Campus "Bikin Kelas Inspiratif Ramai Terus!"

15 Nov 2018 - Penulis Dila

  • ‘Gemes’ melihat program pendidikan di Indonesia, Rene Suhardono, Arum, dan Intan Yamuna pun mendirikan Limitless Campus untuk menyediakan sarana belajar lain daripada yang lain. Bukan sebagai pilihan lain dari cara mendidik, Limitless Campus justru hadir untuk mendukung dan melengkapinya.


Para pendiri Limitless Campus menghadirkan kelas-kelas untuk membantu masyarakat lebih paham dan mengerti diri sendiri, apa kekuatan diri, apa potensi diri, bagaimana diri bertumbuh kembang, dan bagaimana diri menjalani konteks yang sesuai dengan lingkungan-sekitar-negara Indonesia, dan dunia secara luas. Mulia, bukan?


Lalu bagaimana mereka menyebarkan misinya itu pada masyarakat? Bagaimana masyarakat bisa tertarik untuk mengikuti kelasnya? Dan, bagaimana pula cara Limitless Campus dapat meramaikan setiap kelasnya?


Yuk, simak tips dan trik dari interview eksklusif Loket.com dan para founder Limitless Campus berikut ini!




Tips 1: Sediakan kelas yang dibutuhkan masyarakat, bukan yang diminati masyarakat!


Rene Suhardono (Founder Limitless Campus):

“Masyarakat sejatinya memang memiliki kebebasan dan kesadaran untuk memilih dirinya mau belajar apa, dirinya mau jadi apa, dan bagaimana mereka bisa mencapai keinginannya. Nah, tujuan dari pengadaan kelas itu adalah untuk mendorong kesadaran tersebut dan memfasilitasinya. Sisanya, tinggal sang learner yang mengambil keputusan akan hidupnya.”


Dengan alasan tersebut, Limitless Campus pun memilih untuk menghadirkan kelas-kelas bertema soft skill daripada hard skill agar lebih bermanfaat bagi kehidupannya bermasyarakat maupun berkarir. 


Tugas Event Creator adalah untuk memfasilitasi, mengemas kebutuhan masyarakat menjadi semakin diminati masyarakat. Bukan terbalik ya guys! Bikin konten yang diminati masyarakat itu mudah, tapi yakin gak sih kalau masyarakat benar-benar membutuhkannya?


Disisi lain, konten event yang dibutuhkan oleh masyarakat akan lebih bertahan lama karena based on ‘kebutuhan’, bukan trend. Sedangkan konten yang diminati, biasanya tidak bersifat timeless dan gampang ‘basi’ nya. Yakin, mau buat kelas yang biasa aja dan gak memorable?



Tips 2: Tim sedikit harus pintar bagi badan!

Intan Yamuna (Co-founder Limitless Campus):

“Tim kami hanya tiga orang, dan masing-masing pun memiliki kesibukannya sendiri. Jadi kita harus pintar bagi badan dan menggunakan tools yang bisa mempermudah pekerjaan. Nah, caranya adalah memanfaatkan yang sudah ada secara maksimal.”


Sebagai sosok yang aktif dalam kegiatan sosial, ketiga founder Limitless Campus pun memiliki koneksi yang luas yang dapat membantu mereka menyebarkan informasi tentang Limitless Campus ke khalayak ramai. Sekolah, startup milik kerabat, komunitas, dan organisasi kenalan pun adalah ruang mereka untuk mempromosikan kegiatan Limitless Campus.


Tidak ragu, Limitless Campus pun mempercayakan manajemen tiket mereka pada layanan self service Loket.com untuk membantu memaksimalkan kinerja mereka. Dengan hanya beranggota tiga orang, mereka kini tidak  perlu lagi mencatat data pengunjung dan mengatur RSVP untuk setiap pendaftar kelasnya, semuanya sudah dibantu oleh Loket.com.


‘Hemat waktu, tenaga, dan biaya’, begitulah tanggapan Intan Yamuna setelah menggunakan Loket.com. Kini, hanya dengan membuat event page untuk setiap jadwal kelasnya, mereka hanya tinggal mempromosikan acara dengan menyebarkan link event page tersebut. Sesekali, mereka pun cukup mengecek secara online dari smartphone maupun komputer jinjing mengenai real update jumlah pendaftar kelas Limitless Campus.


Solutif sekali, bukan? Dengan tim yang terbatas, kinerja mereka dalam menyiapkan event akan tetap maksimal tanpa mengurangi kebebasan mereka menjalani rutinitas lainnya.



Tips 3: Kenali audiences kamu dan gunakan platform promosi yang meyakinkan
Arum (Co-founder Limitless Campus):
‘Kunci dari pengajaran Limitless adalah memberi kesadaran pada individu itu sendiri. Mereka mau jadi apa, mereka mau belajar apa, learner adalah pengambil keputusan. Tujuan utama kenapa kelas itu dibangun adalah untuk memberi fasilitas untuk learner mengembangkan diri.Jadi, mengenali siapa audience atau learner pada kelas yang kita bangun adalah kunci utama kita. 

Setelah mengenali audience kamu, maka persiapan event atau kelas yang ingin kamu adakan dapat dilakukan dengan lebih matang. Salah satu cara untuk mengetahui siapa audience mu sebenarnya adalah dengan membuat ‘Formulir data tambahan’ di event page Loket.com. Saat membuat event di Loket.com, kamu tidak hanya bisa menentukan harga tiket, tapi juga bisa mengcustom data apa yang kamu butuhkan dari pengunjung.

Pada pembuatan kelas, biasanya Arum dan tim Limitless Campus akan menanyakan data usia, media sosial yang digunakan, serta profesi. Dengan mengetahui usia dan profesi, kamu bisa mengetahui kira-kira materi kelas seperti apa yang mereka butuhkan, suasana kelas seperti apa yang mereka inginkan, atau pembicara seperti apa yang cocok dengan gaya mereka. Dengan mengetahui jenis media sosial yang mereka gunakan, Limitless Campus selama ini pun jadi mengetahui bahwa audiences mereka mayoritas menggunakan Instagram, sehingga kini mereka lebih memfokuskan promosinya di media sosial tersebut.

Catatan penting yang diberikan Arum pada Event Creators lainnya adalah ‘Buatlah isian seringkas dan simple mungkin’. Dengan tetap menjaga kemudahan pengunjung untuk melakukan registrasi, kamu tetap bisa mendapat data yang kamu inginkan kok. Apalagi tampilan event page Loket.com sangat user friendly dan memberikan kesan bahwa event kamu reliable.

Begitulah cara Loket.com menjadi solusi bagi para event creator yang punya segudang ide inspiratif. Kamu juga bisa lho mewujudkan event seru ala kamu sendiri di sini! 

Jadi, tunggu apalagi? Buat event di Loket.com aja dan dapatkan semua manfaatnya.
event tips buat event kelas

profile
Dila

Part-time writer, full-time dreamer

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang