Ini Dia Daftar Kejuaraan Bulutangkis Dunia Paling Ditunggu
Daftar Kejuaraan Bulutangkis Dunia Paling Ditunggu

Ini Dia Daftar Kejuaraan Bulutangkis Dunia Paling Ditunggu

- Winda Paramita

 

Kamu pecinta bulutangkis tapi masih belum paham turnamen yang harus ditonton karena banyak banget? Tenang! Cek kejuaraan bulutangkis dunia paling ditunggu di bawah ini.

Bulutangkis merupakan salah satu olahraga favorit pemersatu Indonesia! Gimana enggak, banyak fans bulutangkis yang rela nonton ke Istora jauh-jauh untuk dukung perwakilan Indonesia. Gak jarang mereka juga mendukung atlet dari negara lain, lho. Hidup sportivitas!

Nah, turnamen-turnamen bulutangkis itu punya levelnya sendiri yang menentukan poin dan hadiah pemenang. Kerap kali, semakin tinggi levelnya, semakin populer pertandingannya dan minat penonton juga semakin tinggi karena ketatnya persaingan.

Di bawah ini adalah daftar kejuaraan bulutangkis paling ditunggu berdasarkan levelnya. Psst! Ada Indonesia Open dan Indonesia Masters!

Grade 1 - Turnamen BWF 

Source: Instagram/Badminton Photo

BWF World Championship

BWF World Championship adalah turnamen paling bergengsi untuk cabang olahraga bulutangkis dan menawarkan poin terbanyak, bersama dengan Summer Olympics (Olimpiade Musim Panas). Gak tanggung-tanggung, pemenang turnamen ini akan dinobatkan sebagai “Juara Dunia” dan akan dianugerahi medali emas. 

Turnamen ini adalah kompetisi tahunan, kecuali pada tahun Olympics diadakan agar jadwalnya tidak bertabrakan. 

Olympics (Olimpiade Musim Panas)

Memenangkan kejuaraan Olympics adalah impian tiap atlet dan negara! 

Turnamen bulu tangkis Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris akan dijadwalkan pada 27 Juli hingga 5 Agustus di Porte de la Chapelle Arena. Akan ada 172 atlet bulu tangkis akan bersaing dalam 5 perebutan medali, yaitu Tunggal Putra, Tunggal Putri, Ganda Putra, Ganda Putri, dan Ganda Campuran. 

Sudirman Cup

Kompetisi ini dilakukan 2 tahun sekali, dengan memperebutkan poin BWF dan bukan hadiah uang. Sudirman Cup mempertandingkan nomor beregu campuran yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Tiap negara melalui perwakilannya akan bertanding dan mengumpulkan poin kemenangan di tiap nomor pertandingan.

Thomas Cup

Jika Sudirman Cup adalah kompetisi beregu campuran, maka Thomas Cup adalah kompetisi beregu putra. Thomas Cup adalah kejuaraan bulutangkis tertua yang diadakan 2 tahun sekali. Tiap tim peserta Piala Thomas terdiri dari lima orang/pasangan (3 tunggal, 2 ganda).

Uber Cup

Selain Thomas Cup, terdapat Uber Cup yang merupakan kompetisi beregu untuk putri. Uber Cup juga diadakan setiap 2 tahun sekali dan diadakan bersamaan dengan Thomas Cup. Format Uber Cup sama seperti Thomas Cup yaitu 3 nomor tunggal dan 2 nomor ganda. 

 

Grade 2 - BWF World Tour

Source: Instagram/Badminton Photo

BWF World Tour adalah kompetisi Grade 2 di dunia bulutangkis. Turnamen ini adalah kompetisi yang terbuka bagi pemain peringkat teratas dunia di nomor tunggal (putra dan putri) dan ganda (putra, putri, dan campuran).

Terdapat beberapa pembagian level kompetisi ini sesuai dengan hadiah kemenangan dan poin BWF yang akan didapatkan. Dari 6 level ini, level kompetisi paling tinggi adalah BWF World Tour Finals.

Level 1 (BWF World Tour Finals)

Di akhir musim World Tour, 8 pemain/pasangan dari masing-masing kategori yang mengumpulkan poin terbanyak (maksimal 2 pemain/pasangan dari negara yang sama untuk satu kategori) akan dipilih untuk bermain di World Tour Finals BWF.

Level 2 (BWF World Tour Super 1000

Kompetisi yang masuk dalam Super 1000 sejak musim 2023 contohnya adalah All England, Indonesia Open, Malaysia Open, dan China Open.

Level 3 (BWF World Tour Super 750)

Kompetisi yang termasuk Super 750 sejak musim 2023 adalah Denmark Open, India Open, Japan Open, France Open, Singapore Open, dan China Masters.

Level 4 (BWF World Tour Super 500)

Kompetisi yang termasuk series Super 500 sejak musim 2023 adalah Arctic Open, Australia Open, Hong Kong Open, Indonesia Masters, Canada Open, Korea Open, Kumamoto Masters, Malaysia Masters, dan Thailand Open.

Level 5 (BWF World Tour Super 300)

Kompetisi yang termasuk series Super 300 sejak musim 2023 adalah US Open, Hylo Open, German Open, Korea Masters, Macau Open, Orléans Masters, Spanyol Masters, Swiss Open, Syed Modi International, Taipei Open, Thailand Masters, dan New Zealand Open.

Level 6 (BWF Tour Super 100)

Kompetisi yang termasuk series Super 300 sejak musim 2023 adalah Abu Dhabi Master, Guwahati Masters, Indonesia Masters Super 100, Kaohsiung Masters, KL Masters, Odisha Masters, Ruichang China Masters, dan Vietnam Open.

 

Grade 3 - BWF Open Tournaments: BWF International Challenge, BWF International Series, and BWF Future Series.

Pada Grade 3, terdapat beberapa jenis turnamen yang sering kita dengar. Beberapa diantaranya adalah International Challenge, International Series, Future Series, dan Event kontinental (Asian Games, SEA Games, dll).

 

 - - -

Itu dia daftar kejuaraan bulutangkis paling ditunggu di dunia. Gak lagi bingung beda dari tiap kompetisi bulutangkis deh. Cek Loket.com untuk event olahraga lainnya yang bisa kamu nikmati. 


Winda Paramita

Winda is a writer at LOKET & LOKET Screen. Her writing consists of events, concerts, and films. With more than 3 years in this field, worry not, she will take you to an interesting journey ahead!