Siap Konser? Ini Dia Fakta Stadion Utama GBK
Fakta Stadion Utama GBK

Siap Konser? Ini Dia Fakta Stadion Utama GBK

- Winda Paramita

Pecinta konser, siapa nih yang belum pernah merasakan konser di Stadion Utama GBK? Simak fakta-fakta Stadion Utama Gelora Bung Karno di bawah ini ya!

Sejarah Stadion Utama Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno pertama kali dibangun pada 1962. Kompleks Gelora Bung Karno dibuat untuk penyelenggaraan Asian Games ke-4. Stadion mulai dibangun pada tahun 1960 dan rampung pada tahun 1962.

Pada masa pemerintahan Soeharto, nama kompleks juga berubah menjadi Kompleks Gelora Senayan. Barulah pada masa pemerintahan Gus Dur, nama kompleks kembali diubah seperti semula.

Letak Stadion Utama GBK

Stadion Utama Gelora Bung Karno terletak tepat di tengah kompleks Gelora Bung Karno, tepatnya di Jl. Pintu Satu Senayan, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat. Pemilihan letak ini adalah pertimbangan dari Presiden Soekarno yang memikirkan perkembangan Jakarta kedepannya.

Kapasitas Stadion Utama GBK, Dari 110.000 Jadi 78.000!

Kapasitas Stadion Utama Gelora Bung Karno saat ini adalah 78.000, berkurang dari waktu ke waktu dengan kapasitas awal 110.000 karena renovasi. Bahkan, pada awal pembangunannya, rekor penonton terbanyak di GBK adalah 150.000 penonton untuk pertandingan Persib Bandung vs PSMS Medan.

Stadion Utama GBK terdiri dari 24 sektor dengan 12 pintu masuk serta tribun atas dan bawah. 

Konser Yang Pernah Diadakan di GBK, Dari Music Bank Hingga BLACKPINK

Apa saja ya konser yang pernah diadakan di GBK. Gak cuma event olahraga aja, di GBK juga banyak konser internasional spektakuler yang dihelat, lho. Misalnya aja konser “On The Road Again” One Direction (2015), Konser “Divide” Ed Sheeran pada tahun 2019, K-Pop Festival "Music Bank" Jakarta (2013), dan yang terbaru BLACKPINK [BORN PINK] World Tour Jakarta 11-12 Maret 2023.

Yang terbaru, GBK baru saja dimeriahkan dengan konser Coldplay di Jakarta, Music of The Spheres World Tour pada November 2023! 

 

Jenis Kursi di Stadion Premium Single Seat

 


 

Source: Medcom.id 

Kamu penasaran nanti bakal duduk kayak gimana di stadion pas konser? Stadion Utama GBK memiliki jenis kursi premium single seat dengan model flip up. Jenis ini sesuai dengan standar FIFA yang mengharuskan evakuasi dalam 15 menit, lho!

Bentuk stadion yang berbentuk cincin raksasa, atau disebut dengan “temu gelang” juga bikin kamu yang duduk di tribun gak langsung kena paparan sinar UV matahari hingga curah hujan yang tinggi.

 

Denah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)


 

Source: gbk.id

Stadion Paling Terang Sedunia!

Dilansir dari website resminya, Stadion Utama GBK yang dibangun ramah lingkungan ini resmi jadi stadion paling terang sedunia! Total pencahayaan FOP paling terangnya berada di 3.500 lux.

Cara Ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)

Terdapat 12 pintu di kompleks olahraga GBK. Karena letak Stadion Utama Gelora Bung Karno yang ada di tengah kompleks, sebenarnya kamu bisa lewat pintu manapun. Beberapa transportasi umum yang bisa digunakan untuk menuju Stadion Utama GBK:

  1. KAI Commuter:
    Dengan stasiun terdekat di: Stasiun Sudirman atau Stasiun Palmerah 
  2. MRT Jakarta: Stasiun Istora Mandiri
  3. BRT Transjakarta:
    • Halte Gelora Bung Karno (1 3F 6V 9C 10H 13C)
    • Halte Senayan JCC (3F 9 9A 10H)
  4. Lintas Perbatasan Transjakarta: B21, S21, T11
  5. Bus Kota Transjakarta: 1B, 1F, 1N, 1P, 4A, 6M, GR1

Itu dia fakta-fakta stadion utama GBK! Kamu yang akan nonton konser di GBK kini sudah jadi makin tahu dan siap seru-seruan deh. Cek event lainnya di Loket.com.


Winda Paramita

Winda is a writer at LOKET & LOKET Screen. Her writing consists of events, concerts, and films. With more than 3 years in this field, worry not, she will take you to an interesting journey ahead!