image Untuk Event Organizer yang Ubah Cara Lama Jadi Bikin Event Online

loket inspire

Untuk Event Organizer yang Ubah Cara Lama Jadi Bikin Event Online

26 Jun 2020 - Penulis Nabila

Sebagai event creator banyak peran yang bisa kamu ambil, bisa jadi event organizer, promotor, dan lain-lain. PK Entertainment merupakan event creator yang berperan sebagai promotor dan mampu beradaptasi membuat event online di masa pandemi. Dalam satu bulan, PK Entertainment menyiapkan salah satu festival online terbesar yang berkolaborasi dengan lebih dari 100 narasumber. 

Bagi PK Entertainment, penentuan strategi dalam bagaimana membawa pengalaman festival offline ke festival online untuk pengunjung menjadi hal yang cukup krusial dalam pembuatan Indonesian Online Festival. Event online yang dilaksanakan pada bulan Mei 2020 ini terdiri dari talk show, virtual bazaar, workshop, sampai pertunjukan musik. 

Tentunya terdapat perbedaan-perbedaan yang harus event organizer & promotor lakukan ketika membuat event online. Belajar dari pengalaman PK Entertainment, terdapat hal-hal yang bisa kamu jadikan referensi ketika membuat event onlinemu sendiri. 

“Penting banget untuk event creator agar bisa terus bergerak dan menyesuaikan diri sama perubahan yang konstan terjadi” -PK Entertainment


  • Lebih baik komunikasi berlebihan daripada miskomunikasi
    Tak ada tatap muka, semua koordinasi harus dilakukan secara online. Komunikasi pun harus seteliti mungkin untuk meminimalisir adanya miskomunikasi. Perbanyak komunikasi dengan seluruh tim agar tak ada informasi yang terlewat ataupun salah paham. Pengulangan informasi menjadi cara agar semua tim dapat dipastikan sudah menerima dan paham hal yang perlu disampaikan. Ingat, komunikasi harus tetap dua arah ya.


        Baca juga: Ternyata ini rahasia Jouska sukses bikin event online


  • Virtual bazaar jadi pilihan praktis untuk UMKM
    Untuk tetap meningkatkan penjualan, virtual bazaar jadi cara praktis di situasi seperti sekarang untuk menunjukan produk penjual. Apalagi di virtual bazaar seperti yang dilakukan di Indonesia Online Festival, terdapat host yang merupakan influencer terpercaya. Hal tersebut berhasil meningkatkan exposure produk dan pengunjung juga dapat langsung “mengunjungi” toko/UMKM tersebut dengan satu klik ketika host sedang menjajakan produk. “Virtual bazaar keren, jadi bisa ada referensi untuk belanja”, ujar salah satu pengunjung. 

  • Perhatikan pengiriman barang untuk bahan workshop
    Keunikan dari workshop online adalah alat dan bahan yang digunakan ketika workshop oleh pengunjung harus dikirim sebelum event dimulai. “Workshop online memiliki tingkat kesulitan sendiri, seperti adanya pengiriman alat & bahan untuk mengikuti workshop yang sebelumnya tidak perlu karena dilakukan secara offline”. Barang yang sampai di pengunjung harus diperhatikan kualitasnya serta timeline pengirimannya agar tepat waktu sebelum hari H event. 


Beradaptasi dan #UbahCaraLama bersama event expert

Tak bisa dipungkiri walau sudah memasuki new normal, event offline sebagai sumber pusat keramaian belum bisa diadakan. Kesehatan seluruh pihak yang membuat event maupun pengunjung menjadi prioritas utama. Oleh karena itu pilihan untuk berpindah menggunakan platform streaming online menjadi pilihan tepat bagi event organizer & promotor agar bisa tetap produktif. 

                                    

PK Entertainment berani untuk #UbahCaraLama dalam membuat event, dari offline menjadi online. Untuk mendapat dukungan teknologi yang mumpuni, PK Entertainment menggunakan LOKET Live sebagai platform streaming Indonesia Online Festival. Bukan hanya itu, penjualan tiketnya juga menggunakan platform Loket.com yang sudah dilengkapi dengan fitur khusus “Event Online”. Setiap e-voucher yang didapatkan pengunjung sepaket dengan URL link dari event online yang dibuat. 

        Baca juga: 5 contoh konsep event online menarik di masa pandemi

“Sebelum adanya pandemi, LOKET merupakan partner ticketing system pada hampir semua konser yang diselenggarakan oleh PK Entertainment. Chemistry kerja bersama tim LOKET jadi sudah terbangun”, jelas PK Entertainment. 

Kamu event organizer atau promotor yang mau juga bekerja sama dengan event expert seperti LOKET? Silahkan hubungi [email protected]. Kamu juga bisa klik di sini untuk tahu cara bikin event online di Loket.com!

event online bikin event #UbahCaraLama #MeroketBarengLOKET

profile
Nabila

Content Strategist

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang