image Macam-macam Cabang Olahraga di Event Olahraga Asia

loket wiki

Macam-macam Cabang Olahraga di Event Olahraga Asia

20 Aug 2018 - Penulis Septania

Event olahraga adalah salah satu jenis event yang paling dinantikan di mana pun. Tak perlu lagi dipertanyakan sebesar apa gairah masyarakat kita pada pertandingan dari macam-macam cabang olahraga.

Lihat saja bagaimana antusiasmenya ketika ada event pertandingan tim nasional melawan tim Asia lainnya. Euforia masyarakat bisa berlangsung hingga seminggu penuh saat tim jagoannya menang. Bahkan, sebagai bentuk dukungan, ada banyak yang sampai membuat event nonton bareng untuk merayakan kemenangan bersama.

Namun sayangnya, sebagian masyarakat Indonesia hanya mengetahui beberapa cabang olahraga ternama saja. Bahkan beberapa hanya tau olahraga lari, sepak bola, dan renang.

Dalam artikel berikut ini akan kita ulas macam-macam cabang olahraga yang biasa dipertandingkan di event olahraga Asia.

Cabang-cabang olahraga atletik

Macam-macam cabang olahraga dihelat di event olahraga Asia setiap tahunnya, tak terkecuali cabang-cabang olahraga atletik berikut ini. Olahraga atletik memang berbeda dengan cabang olahraga lainnya karena olahraga atletik cenderung berupa lompat, lari, dan lempar.

cabang olahraga asian games 2018

1. Tolak peluru

Jangan dulu membayangkan peluru yang biasa digunakan dalam senapan api. Tolak peluru yang kita bicarakan di sini adalah cabang olahraga atletik yang menggunakan bola logam berat. Poin penilaian dalam olahraga ini mulai dari teknik memegang peluru hingga sikap akhir setelah melakukan penolakan peluru.

2. Lempar Lembing

Cabang olahraga atletik yang satu ini dinilai dari jarak lemparan terjauh. Dalam event olahraga lempar lembing, ukuran, bentuk, berat minimum, dan pusat gravitasi harus sesuai dengan aturan dari International Association of Athletics Federations (IAAF).

3. Lempar Cakram

Lempar cakram adalah salah satu cabang olahraga atletik yang juga dilombakan di olimpiade dunia. Penilaian dari olahraga ini adalah teknik lemparan, jarak cakram mendarat, hingga cara mengayunkan cakram.

4. Lompat Tinggi

Olahraga ini tentu sudah tidak asing lagi. Dalam event olahraga lompat tinggi, yang menjadi penilaian adalah ketepatan saat mendarat dan juga teknik yang digunakan.

5. Lompat Galah

Olahraga lompat galah diharuskan menggunakan sebuah galah panjang dengan ukuran tertentu. Para atlet cabang olahraga ini harus berlari akan menancapkan galahnya di sebuah lubang pada jarak tertentu, lalu di situlah atlet akan melakukan lompatannya.

6. Lompat jauh

Olahraga ini pasti sudah tidak asing lagi. Yang menjadi penilaian dalam olahraga ini adalah teknik tumpuan awal, melayang, dan keindahan saat mendarat.

7. Lari jarak jauh

Cabang olahraga atletik yang satu ini biasa juga dikenal dengan sebutan marathon. Tidak ada yang berbeda dari lari jarak jauh dengan lari jarak lainnya selain lintasannya itu sendiri.

8. Lari estafet

Lari estafet memang paling seru jika dijadikan sebuah event olahraga yang dibuat sendiri. Dalam melakukan lari estafet bukan hanya kecepatan berlari yang menjadi pertimbangan penilaian, tapi juga kemahiran, dan juga kerjasama dalam penerimaan tongkat dengan cepat di area pergantian.

9. Lari jarak pendek

Lari jarak pendek adalah salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan kecepatan penuh. Yang dinilai dalam perlombaan lari jarak pendek ini adalah waktu tempuh lari di lintasan dengan jarak yang sudah ditentukan.

Cabang olahraga di Indonesia

Dari sekian banyak macam-macam cabang olahraga yang ada di Asia, ada cabang olahraga yang berasal dari Indonesia. Cabang olahraga asli Indonesia ini pun tak jarang menjadi sebuah perhelatan event lomba tingkat internasional.

Tentunya, cabang olahraga di Indonesia bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi bangsa. Terlebih ketika atlet anak bangsa bisa memenangkan perlombaan tingkat benua. Mari kita ulas cabang olahraga apa saja asli Indonesia.

cabang olahraga asian games 2018

1. Pencak silat

Sebelum menjadi cabang olahraga yang kita kenal sekarang, pencak silat merupakan cabang olahraga bela diri yang menjadi identitas bangsa Indonesia. Saat itu, pencak silat populer karena mudah dipelajari dan sangat berguna sebagai bentuk pertahanan diri.

Saat ini, pencak silat telah berkembang menjadi salah satu cabang olahraga yang banyak diminati bahkan menjadi perhelatan lomba tingkat internasional seperti Asian Games. Organisasi yang menaungi cabang olahraga pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI).

2. Sepak takraw

Sekali melihat satu pertandingan sepak takraw pasti akan langsung melihat olahraga ini sebagai perpaduan antara sepak bola dan voli. Cabang olahraga yang sudah dimainkan sejak era kesultanan Malaka ini merupakan olahraga kebanggaan yang kerap dipertandingkan di berbagai event olahraga internasional seperti Asian Games.

Itu tadi ulasan macam-macam cabang olahraga di event olahraga di Asia. Rasanya, alasan untuk makin bangga dengan bangsa sendiri jadi makin besar. Apalagi kalau bisa menyaksikan pertandingan tim jagoan secara langsung. Mau menghadiri event olahraga favoritmu? Temukan di sini!

cabang olahraga asian games 2018 asian games 2018 cabang olahraga asian games jakarta asian games palembang ramaikan kemerdekaan ramaikan eventmu event jakarta blog artikel

profile
Septania

a content person of joy division

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang