image Bincang Santai Bareng Aakar Abyasa Tentang Event Online

loket inspire

Bincang Santai Bareng Aakar Abyasa Tentang Event Online

08 Apr 2020 - Penulis Septania

Kondisi di seluruh dunia sekarang memang menantang bagi semua orang, tapi satu yang pasti adalah harus selalu ada keyakinan bahwa industri yang kita geluti akan bertahan. 

Kemarin, LOKET berkesempatan berbincang-bincang dengan Aakar Abyasa, Founder dan CEO Jouska melalui Instagram Live yang dibawakan oleh Ario Adimas, VP Marketing LOKET. Simak ulasannya berikut ini.

Efek pandemi ke berbagai industri

Keadaan sekarang tentu mengubah gaya hidup semua orang, seperti Aakar yang tadinya biasa work from home setengah hari, harus mengubah total rutinitasnya itu.

Tak hanya Aakar dan sebagian besar pekerja lainnya, industri pun serentak mengalami perubahan besar-besaran. Mulai dari yang terdampak paling parah, industri pariwisata, kemudian juga MICE dan industri event.

Suka tidak suka, pandemi ini membuat jumlah kelas menengah turun, karena memang orang-orang yang punya purchasing power jumlahnya berkurang, sehingga berdampaklah ke industri-industri tersier untuk saat ini, seperti industri event.

Ternyata tidak semua industri “sedang bersedih”

Sekarang, yang masih 'panen' keuntungan jelas industri dengan layanan yang berhubungan dengan kesehatan dan juga industri yang menjadi penopang keberlangsungan hidup banyak orang saat pandemi. Mulai dari industri pangan yang berada di hulu seperti frozen food dan jualan sayur online, industri teknologi, telco, hingga penyedia layanan streaming. Ya, industri-industri yang menyediakan layanan untuk bisa bikin orang-orang betah #dirumahaja.

Karena itu, semua yang terlibat di industri tersier harus mencari solusi untuk tetap relevan di masa sekarang. Seperti contohnya LOKET yang sekarang menjadi platform yang memberikan kemudahan untuk para event creator dalam membuat Event Online, serta mereka yang ingin tetap produktif dengan beli berbagai Event Online untuk tetap produktif.

Jouska sudah membuat Event Online sejak akhir tahun lalu

Berbagai event JTalks selama enam bulan di tahun 2019 semua habis terjual, padahal kapasitas pengunjungnya paling kecil adalah 200 pengunjung. 

Awal mula Aakar terdorong untuk membuat Event Online adalah ketika melihat antusiasme peserta JTalks. Ada yang pernah terbang dari Papua untuk menghadiri event di Makassar. Bahkan event di Jakarta banyak dihadiri oleh mereka yang berdomisili di Palembang dan Bengkulu. Kemudian dipicu lagi dengan ratusan permintaan untuk bikin event di kota mereka masing-masing melalui DM Instagram. Dari situlah awalnya Jouska mengadakan Event Online yang memang target awalnya adalah mereka yang sangat berminat, tapi terkendala jarak dan waktu.

"Kita nggak bisa penuhin semua permintaan mereka. Jadi murni (JTalks) kerjaan sampingan di weekend doang karena weekdays (para konsultan) harus urus klien dan daily basis lainnya. Di Q3 tahun 2019, total peserta event offline hampir 17.000, makanya waktu liburan akhir tahun kemarin langsung decide ke tim: Kalian bikin online, dong"

Bagaimana caranya agar konten Event Online tetap menarik?

Kuncinya itu ada di konten. Konten yang akan dibawa di Event Online harus teknis, jelas, simpel, spesifik, dan dibahas secara mendalam. Karena memang hal simpel saja ketika dibahas lebih dalam akan ketahuan kalau ternyata banyak yang belum mengerti. Intinya konten yang bisa menjual dan orang mau membayar berapapun harganya.

Nah, cara untuk menentukan harga Event Online ya jelas dengan menghitung semua yang dikeluarkan, dan dibagi rata hingga terlihat jelas berapa harga yang harus diberikan supaya mendapat keuntungan.

Cara promosi Event Online

Pertama-tama, mulai dengan mengumpulkan massa di platform gratis. Jouska sendiri memulai dari Instagram. Dari Instagram itu akan banyak DM dan komentar yang masuk, dan itu semua di-mapping dalam database. Dari situ bisa jadi sumber kategori konten apa yang ingin dibuat supaya sesuai dengan target audiens.

Ke depannya, Jouska berharap bisa bekerja sama lagi dengan LOKET ketika LOKET memiliki satu platform streaming sendiri, jadi kita bisa dengan mudah menghargai mereka yang sudah membeli tiket.

Bagaimana? Tertarik untuk mengikuti langkah sukses Aakar untuk membuat Event Online di era ini? Mulai dari bikin event kamu di sini.

Event Online Jouska

profile
Septania

a content person of joy division

Ups, artikel tidak ditemukan

Silakan gunakan kata kunci yang lain.

Daftar

Nomor Ponsel
Email
Kode OTP akan dikirim melalui WhatsApp

Dengan mendaftar, saya menyetujui syarat & ketentuan serta kebijakan privasi LOKET

Atau dengan

Masukkan Kode OTP

Lengkapi profilmu

Kata sandi harus terdiri dari 8 karakter atau lebih dan mengandung abjad, numerik, simbol & satu huruf kapital.

Informasi Penting!

Lengkapi Profilmu

Nama akan digunakan dalam mode pembeli.
Loket Small Logo
  • Menjadi event creator

    Siap menjadi event creator

  • Beragam pembayaran

    Metode pembayaran beragam

  • Distribusi tiket kemana saja

    Distribusi tiket kemana saja

  • Fitur check-in

    Fitur check-in

  • Promo suka-suka

    Buat promo suka-suka

    Loket Small Logo
    • Menjadi event creator

      Selamat datang di Loket!

    • Beragam pembayaran

      Semua ada di Loket

    • Distribusi tiket kemana saja

      Banyak promo menanti

    • Fitur check-in

      Fitur check-in

    • Promo suka-suka

      Pembayaran yang mudah

      Minat dan Preferensi

      Biarkan kami untuk lebih mengenalmu

      Isi tanggal lahir dan pilih label event yang ingin kamu lihat lebih sering daripada yang lain.

      Sistem kami mendeteksi permintaan yang tidak umum dari jaringan perangkat anda. Silakan lakukan verifikasi ulang